Antara Yamaha V-ixion dan Yamaha Byson??

Pertanyaan tersebut pasti bakal terlontar ketika anda yang berencana ingin membeli varian sport modern Yamaha ,Byson yang tinggal menunggu launching pasti bikin gregetan para fans Yamaha bagaimana tidak!banyak diantara teman2 saya yang menyukai motor sport dari brand Jepang ini dibikin bingung mau ambil si V-ixion yang udah ready atau Byson yang masih dibungkus rapat oleh pabrikan, walau penampakannya sudah muncul di berbagai daerah baik pameran ataupun event2 yang diadakan Yamaha.Perlu beberapa aspek point untuk menentukan pilihan dalam memilih diantara keduanya :

Harga!

Hehe,sudah jadi kebiasaan orang2 kita mau yang murah tapi /spec selangit ,dari beberapa sumber ang saya dapat banyak yang mengatakan Byson bakal berada  range harga dibawah V-ixion,benar g nih?jika seperti ini Byson yang memiliki tampilan streetfighter kekar unggul dalam segi ini,apalagi merupakan varian baru tentu merupakan daya tarik tersendiri nantinya.

Tampilan!

Yah kalo dari segi ini memang selera masing2 baik keduanya memiliki design yang modern bisa dibilang dari V-ixion unggul dari rangka deltabox yang dimilikinya,sedangkan byson?? ya taulah body+kaki2 kekar ala motor besar byson juga sudah memakai speedo semi digital tentu juga merupakan keunggulan buatnya!!V-ixion juga memiliki bobot yang jauh lebih ringan.

Teknologi

Kita pasti maunya yang terbaik bukan?yah banyak anggapan semakin tinggi spec teknologinya pasti semakin luar biasa performa yang dimiliki,tapi ada juga yang beranggapan semakin tinggi teknologi maka semakin harga perawatannya kalo menurut gw sih ini mah anggapan yang salah!karena biaya yang kita keluarkan pastinnya memang pantas kita keluarkan karena barang tersebut pasti juga memiliki keunggulan yang berbeda.Dari segi ini V-ixion jauh lebih unggul selain deltabox mesin berpendingin cairan alias radiator + dyasil cylinder yang membuat suhu mesin tidak cepat panas,injeksi dan sistem  full perangkat elektronik menjadi keunggulan dari aspek ini  jika dibanding dengan byson.

Performa!

Bicara soal performa menurut gw V-ixion dengan seabreg teknologi + melihat spec memang unggul tipis diatas Byson yah berbeda rasa 11:12 lah,

berikut spec :

Yamaha V-ixion 2010

MESIN
Tipe : Injection, Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Susunan Silinder :Forward – Inclined Single Cylinder
Volume Silinder : 149.80 cc
Diameter x Langkah : 57.0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi : 10.40 : 1
Tenaga Maksimum : 11.10 kW @8500 rpm
Torsi Maksimum : 13.10 Nm @7500 rpm
Sistem Pelumasan : Wet Sump / Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin : 1.15 Liter
Kapasitas Air Pendingin :Tangki Recovery 0.4 Liter,Total 0.79 Liter
Kapasitas Tangki Bensin : 12.0 Liter
Throttle body : MIKUNI SE AC28-1
Putaran Langsam Mesin : 1400 ± 100 rpm
Saringan Udara : Dry Element
Sistem Starter : Electric Starter and Kick Starter
Kopling : Wet, Multiple-Disc
Tipe Transmisi : Constant Mesh 5-Speed/ Mechanical

Rangka
Tipe Rangka : Delta Box Frame / Pressed Backbone
Suspensi Depan : Telescopic Fork
Suspensi Belakang : Swingarm (Link Suspension)
Rem Depan : Single Disc Brake 245.0x 4.0 mm
Rem Belakang : Drum Brake (Leading, Trailing) 130.0mm
Ban Depan : 2.75 – 17 41P
Ban Belakang : 90/90 – 17M/C 49P
Ukuran Rantai : 428
Jumlah mata rantai : 120

Kelistrikan
Lampu Depan : 12V, 35W / 35.0W x 1
Lampu Sein Depan : 12V, 10.0W x 2
Lampu Belakang : 12V, 5.0W x 1
Lampu Rem : 12V, 5.0W / 21.0W x 1
Lampu Sein Belakang : 12V, 10.0W x 2
Battery : 3.5 A
Busi / SparkPlug : NGK CR8E / DENSO U 24 ESR-N
Sistem Pengapian : DC – CDI [Full Transistor]
Sekring : 20 A

DIMENSI
P x L x T : 2000 mm x 705 mm x 1035 mm
Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
Jarak Sumbu Roda : 1282 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 167 mm
Berat Kosong : 114.0 kg

Yamaha Byson/FZ-16 2010

Yamaha FZ16 Engine:
Engine type: Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Displacement: 153.0cm3
Bore & Stroke: 58.0 × 57.9mm
Compression ratio: 9.5:1
Maximum output: 14PS / 7500 rpm
Maximum torque: 14 N.m / 6000 rpm
Starting method: Electric starter
Lubrication type: Wet sump
Carburetor type: BS26
Clutch type: Constant mesh wet multiplate
Ignition type: CDI
Primary/secondary reduction ratio: 3.409 / 2.857
Transmission type: Return type 5-speed

Yamaha FZ16 Chassis:
Frame type: Diamond
Suspension (front/rear): Telescopic / Monocross
Brake type(front/rear): Hydraulic single disc / drum
Tire size (front/rear): 100/80-17 / 140/60-R17

Yamaha FZ16 Dimensions:
Overall Length × Width × Height: 1,975mm × 770mm × 1,045mm
Seat height: 790mm
Wheelbase: 1,335mm
Minimum ground clearance: 160mm
Dry weight/Curb weight: 126 kg / 137 kg
Fuel tank volume: 12 liters
Engine oil volume: 1.2 liters

Nunggu Byson atau V-ixion aja nih??haha selamat memilih,,

Author: ciel92

saya mau berbagi info all about motorcycle so mampir di sini ya

32 thoughts on “Antara Yamaha V-ixion dan Yamaha Byson??”

  1. Ane udah beli vixi, kelamaan nunggu byson. Beli yg pasti2 aja😛
    Kalo byson, tiggal liat reviewnya ntar. klo bagus ya beli kalo kagak ya kagak beli😀

  2. dari dulu sampai sekarang byson cuman isu ajah. . . . .udah launching tapi mana?? ditunggu-tunggu ngga muncul-muncul. . . . .bikin penasaran ajah!!!

  3. Gue jelas pilih byson,kaki2 udah kekar…
    Soal performa tinggal kilik dikit pasti kuenceng,kalo vixi ribet coy kebanyakan teknologi.tau ndiri elektronik salah dikit harus ganti satu set…

  4. ah byson lebih berat itu brarti lebih nempel sama aspal.. dan masih make karbu yang brarti bisa di oversize~ hehehehehe.. lagi mo ngambil nih besok.. doain ada ready stock yaa..

  5. akhirnya aku pilih Vixi, nunggu byson terlalu lama….n pernah lihat di jalan kok tampilannya agak aneh… ah yang pasti2 aja ….trus komunitasnya juga dah buanyak………

  6. Gue bru beli byson nich… kyaknya ga da masalah dg koplingnya, pas buanget dech bt laki-laki bukan bencong ya…, he he.. kalo di banding mr. V lebih enak pake byson, pe de buanget dech…

  7. Gw lbih,milih VIXION SPecial edition 2011,penampilan skarang,lbih sporty abiss,,tmbh lgi,pke half fairing cuy, cocok bt,gw yg slengean,ga badak ,gak ribet,,

  8. keluarin byson yang injeksi donk. dengan aspek tmabahan kapasitas dan fasilitas seperti radiator biar sama dengan v- xion di perjalan jauh mesin tetep ademmm…

    dan shok depan diper besar ala MOGE dengan ukuran shok UPSHEDOWN mantap dan berikan gigi belakang agak besar biar kuat ditanjakan, buat ke BROMO MOUNTAIN melihat indahnya sanrhes di jagar budaya indonesia.

    1. kalau masalah dimesin itu relatif ini ciptaan manusia bikan ciptaan tuhan.
      saya masih bisa mengatasi masalah tersebut bermodal pendidikan otomotif di smk saya bisa kok memberi kenyamanan di bison tentu dengan fersi saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s