comparison : yamaha new v-ixion and honda cb 150r (IMHO)

Apa kabar semua?well, sudah lama ni g buka akun ni blog..hehe perkembangan kendaraaan roda 2 tanah air begitu pesat. Yup persaingan antar pabrikan begitu ketat dan seperti yang kita ketahui bicara persaingan honda vs yamaha di indonesia g akan ada habisnya kedua pabrikan raksasa ini selalu saling bergantian mengeluarkan ancaman untuk memperkuat dan memperbesar pangsa pasar mereka.

Seperti yang kita ketahui beberapa minggu lalu kedua pabrikan mengeluarkan produk baru yang diperkirakan akan menjadi produk sport batangan yang laris manis di tanah air. Yamaha dengan nama besar v-ixion tentu tidak perlu diragukan lagi setelah berhasil merebut tahta sport batangan kelas middle yang telah lama dikuasai honda dengan mega pro nya. Tentu bisa ditebak honda tidak akan tinggal diam pangsa pasar motor sport terbesar di tanah air berpindah dan berlama2 di tangan yamaha. Kali ini produk terbaru honda yang ditujukan untuk head to head dengan yamaha yang juga memberikan sentuhan super freshnya terhadap produk mereka new v-ixion. semoga review ini bisa membantu brothers yang masih bingung memilih kedua motor keren ini….but sekali lagi ini IMHO hehehe jadi ini berdasarkan opini gue ya no offense to FBH maupun FBY…

Honda cb 150r vs new v-ixion

CB150R Astro Black

SPEC CB150R:

  • Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 148 mm
  • Berat kosong : 129 kg
  • Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
  • Ukuran ban depan : 80/90 � 17M/C 44P (Tubeless)
  • Ukuran ban belakang : 130/70 � 17M/C 62P (Tubeless)
  • Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
  • Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
  • Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
  • Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 149,48 cm�
  • Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
  • Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
  • Kopling Otomatis : –
  • Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
  • Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
  • Starter : Pedal & Elektrik
  • Aki : MF 12 V � 5 Ah
  • Busi : –
  • Sistem Pengapian : Full Transistorized

1

SPEC NEW V-IXION:

bg-specs

mesin

di sektor ini keduanya tak perlu diragukan lagi dalam hal durabilitasnya. yup cb 150r yang mengadopsi mesin sang kakak honda cbr 150r mentah2, tentu dengan spec DOHC,6speed, pgm-fi nya,daya maksimum: 17,0 ps/10000rpm, torsi maksimum :13,1nm/8000rpm pada sangat siap dan bisa dibilang lebih unggul guna menghadapi sang raja pasar saat ini v-ixion yang menggunakan mesin dengan spec SOHC,5speed, fuel injection,daya maksimum:16,59 ps/8500rpm,torsi maksimum :14,5nm/7500rpm namun jangan pula dilupakan urusan material di sektor mesin yamaha masih selangkah didepan karena telah menggunakan diasil silinder dan forged piston (ya tentunya material ini seharusnya lebih baik jika dibandingkan milik honda) kenapa saya bilang material bisa dibilang suatu keunggulan??motogp,wsbk yup kita bisa ambil contoh kasus dari kedua ajang balapan paling top di dunia ini dimana hal yang paling jelas membedakan motor2 prototype dan motor balap diajang ini dengan motor2 produk masal jalanan adalah dari meterial yang digunakan. dan dari sini tentu dari segi material (forged piston dan diasil silinder) yamaha unggul namun dari sisi spec teknisnya(DOHC,6speed) honda unggul….sementara kalau melihat muntahan power yang dihasilkan (klaim pabrikan) menurut saya tentu seimbang karena perbedaan tidaklah signifikan bahkan mungkin tidak akan terasa bedanya kalau yang mau torsi dengan angka yg lebih banyak bisa pilih v-ixion kalau yang mau daya dengan angka yang lebih banyak pilih cb150r..apabila melihat raihan rpm disini menurut klaim pabrikan v-ixion lebih cepat memperoleh tenaga maximum artinya respon tarikan mesin v-ixion seharusnya lebih baik…namun sekali lagi dari angka2 power yang dikeluarkan pabrikan tersebut tidak akan banyak berarti perbedaan yang terasa dijalan..(hehe kalau masih kurang bertenaga dimodif aja tu mesin ganti yg 1000cc hehe)..melihat angka2 yg ditampilkan g akan banyak terasa perbedaannya kalau dibuat kebut2an(lha iya lha wong contoh aja di motogp ducati dan honda yang hampir memiliki perbedaan 10hp aja jaraknya waktu ditrek lurus g tertinggal jauh apa lagi yang cuma beda g ada angka 1 malah kaya gmna??hehehe…tapi disini sektor mesin secara pribadi IMHO gue jujur lebih suka mesinnya cb 150r hehe karena menurut gue DOHC  dan 6 speed kemana2 lebih keren..

Chassis (Deltabox vs pipe cradle)

cb 150r hehe kalo menurut gua kalau dibilang tubular agaknya kurang pas lebih pas dibilang semi tubular soalnya menurut gue tubular itu seperti milik ducati,honda vtr 250,dll banyak yang bilang tubular frame identik dipakai oleh motor2 yang dianggap suatu seni (art) tapi IMHO gue g terlalu ngelihat seni dari rangka tubular cb 150r …well jika ditanya rangka mana yang paling bagus (unggul) dari kedua motor ini Yup gue jelas milih deltaboxnya v-ixion..kenapa?hehe coba bandingkan cb150r (downgrade dari cbr 150) dengan cbr 150 mahal mana?terus coba tanya aja sama mekanik honda rangka mana yang lebih bagus pasti jawabnya rangka cbr 150 (sama dengan deltaboxnya yamaha), masih g yakin?? di dunia balap chassis model deltabox lebih unggul dan stabil..contohnya lihat kasus rossi saat di ducati..ducati sampai rela mengganti chassis tubular yang merupakan ciri khas ducati dengan rangka model deltabox(kotak)…

Kaki-kaki (swing arm,front suspension, rim/velg,tyre)

well bicara “kekekaran” dan “maskulinitas” bisa dilihat langsung dengan mata telanjang bahkan dari gambar atau foto2 saja sudah bisa dinilai mana yang lebih kekar..hehe yup ukuran standar rim/velg dan ban/tyre  new v-ixion lebih GEDE,dari sini bisa disimpulkan juga lebar swing arm v-ixion pasti lebih lebar pula (karena biasanya pabrikan memberi space untuk memodif/memperbesar lagi ukuran velg dan ban, jadi dari ukuran standar v-ixion yang lebih besar bisa menjadi tolak ukur)

Desain

Akhirnya sampai juga pada bahasan yang paling ditunggu2 ya kalau bicara desain selalu relatif dan tentu tidaklah penilaian yg mutlak (karena pada filosofinya desain merupakan sebuah seni dan seni bisa dibilang bagus itu bisa dilihat dari berbagai sisi jelasnya berbeda orang berbeda pendapat)..well singkat aja ya bro..gue sebelumnya udah banyak baca hasil poling dan ulasan dari blog2 tetangga..hasilnya menyatakan cb 150r lebih disukai bentuknya….but gue  kurang setuju bro..sekali lagi (IMHO) hehe gue ambil kasarannya desain cb 150r disandingkan sama old v-ixion (mau dilihat dari foto ataupun secara langsung kok bagaikan pinang dibelah dua ya hehehe alias hampir sama).

Jadi menurut gue (IMHO) yang namanya desain old dengan new pastinya lebih ada perbaikan di new sehingga berusaha untuk tampil lebih baik lagi…di sini gue menilai new v-ixion lebih baik..apalagi kalau yang ditanyakan siapa yang desain ni motor?pasti terkenal lah lha wong yg desain itu sama orangnya dengan yg desain produk legendaris yamaha YZF R1

terus bicara kasus desain batok lampu depan?sekali lagi namanya desain itu penilaiannya tidaklah mutlak..disini gue setuju cb 150r lebih baik…hehe tapi secara keseluruhan dari bawah ke atas, depan ke belakang v-ixion lebih gmna gitu..kalo masih pada ribet soal batok..harga batok byson tu murah kok hehe ya diganti aja g terlalu repot dari pada yang perlu ganti ban,velg,knalpot??hehe

ok brother demikian comparison yang sekali lagi it’s just my opinion (IMHO) as fans of motorcycle..no offense brotherS…

Nah itu tadi ulasan menurut saya….yuk polling lagi yuk

*sumber gambar dan spec :

website pabrikan AHM dan YIMM

Author: bimo92

saya mau berbagi info tentang sepeda motor, mampir di sini ya

5 thoughts on “comparison : yamaha new v-ixion and honda cb 150r (IMHO)”

  1. setelah liat yang asli body si vixi lebih gagah d banding cb cuma liat mesin si cb yang dapet….guwe bingung sob pilih mana…si cb bodynya mungil sob…

Leave a comment